Blog

SIDIK 1.0 Diluncurkan

sidik-launching

Kabar gembira untuk dunia pendidikan Indonesia..!
Kini telah hadir SIDIK (Sistem Informasi Pendidikan)

SIDIK (Sistem Informasi Pendidikan) merupakan karya anak bangsa yang dirancang sebagai sistem bantu bagi pengelola lembaga pendidikan dengan menerapkan terobosan baru dan mengadopsi perkembangan teknologi informasi terkini sehingga menghasilkan efisiensi dan efektifitas kerja serta memudahkan hubungan antar berbagai pemangku kepentingan di dalam sekolah (staf guru, kepala sekolah, yayasan dan orang tua).

Hari ini, 6 September 2016, SIDIK versi 1.0 diluncurkan untuk lembaga pendidikan di Indonesia.

Explore lebih lanjut mengenai SIDIK di http://sidik.id

Simak paket-paket layanan SIDIK di http://sidik.id/paket-sidik

Atau kirim email ke layanan.sidik@gmail.com untuk request trial.

Jangan lupa juga follow akun medsos SIDIK untuk mendapatkan info-info menarik seputar dunia pendidikan

Fanspage: facebook.com/sidik.indonesia
Twitter: @sidikindonesia

Fast response:
SMS/Whatsapp: 0813-4907-9412
Email: layanan.sidik@gmail.com

By : Yulian Purnama /September 07, 2016 /Berita /0 Comment Read More

Latar Belakang SIDIK

Slide1

Di zaman ini, penerapan teknologi informasi dan komputer (TIK) untuk menunjang proses dan manajemen pendidikan nampaknya telah menjadi kebutuhan bagi setiap lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan di negara-negara maju dan berkembang sudah secara intens menerapkan TIK dalam setiap lini di kegiatan pendidikan mereka. Pemanfaatan TIK ini tentunya diharapan dan telah dibuktikan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan dan juga keberhasilan proses pendidikan yang dijalankan.

Di sisi manajemen pada khususnya, pemanfaatan TIK digadang-gadang dapat meningkatkan kinerja lembaga pendidikan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Perangkat sekolah seperti guru, staf administasi, dan juga orang tua tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional yang sebenarnya dapat digantikan lebih efektif dan efisien oleh komputer.

Efektifitas dan efisiensi ini akan memberikan kesempatan lebih banyak kepada perangkat sekolah untuk memfokuskan diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembinaan kepada siswa. Karena sesungguhnya kualitas pendidikan inilah sejatinya yang menjadi sorotan utama kita semua, dan siswalah sebagai ‘produk’ pendidikan yang mesti selalu dipantau dan ditingkatkan kualitasnya. Dengan demikian, secara tidak langsung pemanfaatan TIK juga menunjang perbaikan kualitas manusia-manusia Indonesia di masa datang.

Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Sistem informasi memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Mempermudah kontrol terhadap data
  • Mempermudah pengawasan terhadap setiap aktifitas manajemen
  • Mempermudah pelaporan data
  • Menunjang paperless office

SIDIK adalah kependekan dari Sistem Informasi Pendidikan. SIDIK adalah aplikasi komputer berbasis web yang berfungsi sebagai sistem informasi manajemen sekolah yang bisa menjadi media interaksi yang efektif dan efisien antara elemen pendidikan yang ada di sekolah yaitu siswa, guru, orang tua, dan sekolah.

SIDIK hadir untuk membantu operasional sekolah mulai dari akademik, keuangan, pelaporan dan interaksi guru-orang tua. Diharapkan, SIDIK ini dapat membantu sekolah mengatur, mengelola dan merapikan data-data sekolah, dan membantu menyajikan data-data tersebut kepada orang tua. Dengan demikian, data ini menjadi informasi yang mengalir dan bermanfaat bagi berbagai pihak yang berkepentingan.

SIDIK dirancang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi secara maksimal. Sehingga memberikan solusi administrasi manajemen sekolah dengan pemanfaatan teknologi informasi.

SIDIK juga menyediakan sistem pemrosesan data yang terpadu sehingga dapat membangun interkoneksi antar modul-modul yang ada sehingga mampu memberikan kemudahan penyajian informasi.

By : Yulian Purnama /April 15, 2015 /Berita /0 Comment Read More