Modul-Modul SIDIK

Modul-modul untuk sekolah

1. Modul kesiswaan

Modul kesiswaan mengelola semua data yang terkait dengan siswa. Modul kesiswaan sendiri memiliki beberapa submodul:

  1. Submodul data siswa
    Modul ini mengelola data siswa yang ada. Setiap siswa terbedakan dengan NIS (Nomor Induk Siswa). Penambahan, perubahan, penghapusan dan pencarian data siswa juga dengan mudah dapat dilakukan di submodul ini.

  2. Submodul data orang tua
    Modul ini mengelola data orang tua atau wali siswa. Lengkap dengan nomor telepon dan alamat yang bisa dihubungi.

  3. Submodul forum kelas
    Modul ini memungkinkan para orang tua bersama wali kelas mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan kegiatan belajar-mengajar. Forum kelas ini disajikan dalam bentuk forum diskusi yang terdiri dari topik-topik, yang dalam setiap topik ini guru dan orang tua bisa mendiskusikan bahasan yang terkait dengan topik.
  4. Submodul konsultasi siswa
    Modul ini memungkinkan orang tua menyampaikan pesan kepada wali kelas. Dengan demikian orang tua dapat melakukan konsultasi dengan wali kelas seputar perkembangan anak didik, proses belajar-mengajar dan hal-hal yang lain yang perlu dikonsultasikan.
  5. Submodul presensi
    Modul ini merekam data presensi siswa. Modul ini juga mengakomodir absensi karena sakit, izin dan tanpa keterangan.

  6. Submodul ekstrakulikuler
    Modul ini merekam data ekstrakulikuler yang diikuti siswa.

2. Modul keuangan

Administrasi keuangan di kelola dalam modul ini dengan menerapkan prinsip-prinsip akuntansi dasar yang baku. Setiap transaksi masuk dan keluar terekam dengan baik dan terpandu. Penelusuran modal, hutang, piutang, penerimaan dan pengeluaran menjadi sangat mudah.

Di dalam modul keuangan sendiri ada beberapa submodul:

  1. Submodul RAPBS
    Modul ini mengelola data Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) untuk membantu sekolah medefinisikan rencana pengeluaran dan pemasukan sekolah dalam kurun waktu tertentu dengan lebih mudah dan simpel. SIDIK juga mendukung pengelolaan data BOSP (Biaya Operasional Satuan Pendidikan) mulai dari penghitungan hingga pelaporan.

  2. Submodul penerimaan bulanan dan tahunan
    Modul ini mengelola data penerimaan yang diterima sekolah secara rutin per bulan dan per tahun. Dengan demikian input data pemasukan lebih sederhana dan cepat karena penerimaan yang sifatnya berkala ditangani secara tersendiri.

  3. Submodul penerimaan lain-lain
    Modul ini mengelola data penerimaan yang diterima sekolah yang sifatnya insidental atau tidak terencana.

  4. Submodul pengeluaran
    Modul ini mengelola data pengeluaran yang dikeluarkan sekolah yang sifatnya insidental atau tidak terencana. Item pengeluaran direpresentasikan dalam akun-akun sehingga mudah untuk mengklasifikasikan pengeluaran untuk keperluan audit dan pelaporan.

  5. Submodul mutasi rekening
    Modul ini merekam catatan transaksi kas baik debet maupun kredit berserta saldo yang tersisa pada setiap transaksi.

  6. Submodul perencanaan keuangan
    Modul ini membantuk staff keuangan sekolah untuk membuat rencana anggaran keuangan sekolah
  7. Laporan arus kas (cashflow)
    Laporan ini menampilkan catatan transaksi dana kas sekolah baik pengeluaran dan penerimaan.

  8. Laporan SPP
    Laporan ini menampilkan status lunas/tidak lunas terkait SPP bulanan pada setiap siswa dalam 1 tahun ajaran.

3. Modul Kepegawaian

Modul ini menangani pengelolaan data kepegawaian yang mencakup guru dan pegawai honorer. Modul ini meliputi pendataan guru, pendataan pegawai, delegasi guru terhadap mata pelajaran, delegasi wali kelas, dll.

  1. Submodul staf dan guru
    Modul ini merekam data staf dan guru yang aktif mengajar di sekolah. Juga mendefinisikan mata pelajaran dan kelas yang diampunya.

  2. Submodul hak akses staf dan guru
    Modul ini menentukan hak akses staf dan guru terhadap modul-modul yang ada di SIDIK. Dengan demikian administrator dapat memilih mana modul yang bisa dan tidak bisa diakses oleh guru dan staf.

  3. Submodul penugasan
    Modul ini merekam data penugasan staf dan guru terhadap jabatan-jabatan dan tugas-tugas yang ada di sekolah. Siapa staf yang menjadi sekretaris yayansan, siapa guru yang menjadi wali kelas, siapa guru yang menjadi guru tetap, guru magang, dll. Penugasan ini juga akan menentukan modul apa saja yang bisa diakses sesuai tugas dan jabatannya masing-masing.

4. Modul Akademik

Di dalam modul akademik ada beberapa submodul:

  1. Submodul data kelas
    Modul ini merekam data kelas yang tersedia dalam proses pembelajaran. Sehingga sekolah dengan mudah dapat melakukan klasifikasi kelas dalma pendataan siswa. Modul ini juga merekam data kelas pada tahun ajaran yang sudah berlalu sehingga menunjang penelusuran histori data-data siswa yang telah berlalu.
  2. Submodul kurikulum
    Submodul ini membantu mendefinisikan kurikulum yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Guru dapat mendefinisikan kurikulum standar yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional atau dapat mendefinisikan kurikulum sendiri sesuai dengan visi-misi sekolah.

  3. Submodul SKKD
    Submodul ini membantu penyusunan SKKD untuk masing-masing mata pelajaran dan jenjang kelas. Sehingga data SKKD lebih rapi dan mudah untuk dirujuk oleh para guru ketika membutuhkannya sebagai acuan kegiatan pengajaran.

  4. Submodul Silabus
    Submodul ini membantu penyusunan silabus untuk masing-masing mata pelajaran dan jenjang kelas. Sehingga data silabus lebih rapi dan mudah untuk dirujuk oleh para guru ketika membutuhkannya sebagai acuan kegiatan pengajaran.

  5. Submodul RPP
    Submodul ini membantu penyusunan RPP untuk masing-masing mata pelajaran dan jenjang kelas. Sehingga data RPP lebih rapi dan mudah untuk dirujuk oleh para guru ketika membutuhkannya sebagai acuan kegiatan pengajaran.

  6. Submodul Penilaian
    Submodul ini mendefinisikan komponen-komponen yang menjadi bahan penilaian bagi siswa. Di modul ini juga guru melalukan penilaian atas komponen-komponen yang didefinisikan tersebut.

  7. Submodul Evaluasi
    Submodul ini merekam evaluasi dari aktifitas pembelajaran sehingga hasil evaluasi dapat diakses oleh semua perangkat sekolah sebagai bahan follow-up terhadap masalah yang menjadi topik evaluasi.

  8. Laporan nilai (rapor)
    Laporan nilai menampilkan rekap akhir nilai siswa. Guru juga dapat membuat lembaran akumulasi nilai akhir atau rapor dari modul ini.

5. Modul sarana & prasarana

  1. Submodul gedung
    Modul ini merekam data aset sekolah yang berupa gedung

  2. Submodul barang
    Modul ini merekam data aset sekolah yang berupa barang

Modul-modul untuk orang tua / siswa

1. Modul kesiswaan

Modul kesiswaan sendiri memiliki beberapa submodul:

  1. Submodul forum kelas
    Modul ini memungkinkan para orang tua bersama wali kelas mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan kegiatan belajar-mengajar. Forum kelas ini disajikan dalam bentuk forum diskusi yang terdiri dari topik-topik, yang dalam setiap topik ini guru dan orang tua bisa mendiskusikan bahasan yang terkait dengan topik.
  2. Submodul konsultasi siswa
    Modul ini memungkinkan orang tua menyampaikan pesan kepada wali kelas. Dengan demikian orang tua dapat melakukan konsultasi dengan wali kelas seputar perkembangan anak didik, proses belajar-mengajar dan hal-hal yang lain yang perlu dikonsultasikan.
  3. Submodul presensi
    Modul ini merekam data presensi siswa. Modul ini juga mengakomodir absensi karena sakit, izin dan tanpa keterangan.
  4. Submodul ekstrakulikuler
    Modul ini merekam data ekstrakulikuler yang diikuti siswa.

2. Modul keuangan

Di dalam modul keuangan sendiri ada beberapa submodul:

  1. Laporan rekap SPP
    Laporan rekap SPP menampilkan status lunas/tidak lunas terkait SPP bulanan pada setiap

  2. Laporan RAPBS
    Laporan RAPBS menampilkan implementasi penggunaan dana sesuai dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)

  1. Laporan Buku Kas Umum
    Laporan Buku Kas Umum menampilkan catatan transaksi dana kas sekolah baik pengeluaran dan penerimaan.

  2. Laporan Penggunaan BOS
    Laporan penggunaan BOS menampilkan catatan transaksi yang menggunakan dana BOS.

3. Modul Akademik

Di dalam modul akademik ada beberapa submodul:

  1. Submodul kurikulum
    Submodul ini menampilkan kurikulum yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Sehingga orang tua bisa bersama-sama memandu proses belajar-mengajar dan terlibat dalam proses belajar mengajar.

  2. Submodul SKKD
    Submodul ini menampilkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang diharapkan dari setiap kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Sehingga orang tua bisa bersama-sama mengukur tercapai/tidaknya target pengajaran pada siswa serta terlibat dalam proses belajar mengajar

  3. Submodul Silabus
    Submodul ini menampilkan silabus untuk masing-masing mata pelajaran dan jenjang kelas. Sehingga orang tua mengetahui detil silabus untuk masing-masing mata pelajaran, dan bisa terlibat dalam proses belajar mengajar.

  4. Submodul Evaluasi
    Submodul ini menampilkan evaluasi dari aktifitas pembelajaran sehingga hasil evaluasi dapat diakses oleh semua perangkat sekolah sebagai bahan follow-up terhadap masalah yang menjadi topik evaluasi.

  1. Laporan nilai (rapor)
    Laporan nilai menampilkan rekap akhir nilai siswa dan juga rapor di akhir semester.

Comments are closed.